Isi KRS

Masa Registrasi

Masa registrasi adalah rentang waktu bagi mahasiswa untuk melakukan registrasi administrasi dan registrasi akademik di setiap awal semester sebelum perkuliahan dimulai.

  1. Registrasi Administrasi semester ganjil (term 1) dilaksanakan mulai awal sampai dengan pertengahan bulan September tahun yang bersangkutan.
  2. Registrasi Administrasi semester genap (term 2) dilaksanakan mulai pekan kedua sampai dengan pekan ketiga bulan Fabruari tahun yang bersangkutan.
  3. Registrasi Administrasi semester pendek (term 3) dilaksanakan mulai pertengahan sampai dengan akhir bulan Juli tahun yang bersangkutan.

Registrasi Administrasi

Yaitu proses kegiatan melaporkan diri kepada BAAK setelah registrasi administrasi dilaksanakan, yang wajib dilakukan oleh mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan akademiknya pada semester bersangkutan. Registrasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru disebut registrasi, sedang yang dilakukan oleh mahasiswa lama disebut registrasi ulang.


Mekanisme registrasi Akademik

  • Mahasiswa mengisi form rencana studi yang diperoleh di BAAK.
  • Hasil pengisian KRS disetujui dosen PA.
  • Mahasiswa menginput KRS ke sistem informasi akademik yang tersedia.
  • Form diserahkan kembali ke BAAK.
  • Mahasiswa menerima print out KRS yang sudah divalidasi.

KRS (Kartu Rencana Studi)
   

Pada saat memasuki semester baru, setiap mahasiswa harus menetapkan program belajarnya untuk semester berjalan. Program belajar semester ini harus didaftarkan agar mahasiswa yang bersangkutan diijinkan mengikuti kegiatan belajar mengajar, antara lain kuliah tatap muka, praktikum, konsultasi skripsi, Kerja Praktek dan sebagainya. Semua program kegiatan belajar mahasiswa tersebut dituangkan dalam kartu yang disebut Kartu Rencana Studi (KRS).

   Kartu Rencana Studi (KRS) adalah format yang berisi informasi data mengenai nomor, Kode mata kuliah, nama mata kuliah, bobot SKS, ruang dan waktu penyelenggaraan kuliah tatap muka yang ditetapkan di dalamnya sebagai beban belajar semester bagi mahasiswa yang indentitasnya dicantumkan pada lembaran itu.