Laboratorium Komputer

Pendahuluan

    Laboratorium merupakan fasilitas penunjang tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk praktikum, penelitian mahasiswa dan dosen untuk pengembangan keilmuan atau karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan.


    Fasilitas laboratorium komputer terdiri dari 1 ruang laboratorium komputer dasar, 1 ruang laboratorium komputer lanjutan, dan 1 ruang laboratorium komputer jaringan. Masing-masing ruang laboratorium komputer memiliki 25 unit komputer yang siap digunakan dan 3 unit komputer cadangan.




Fungsi Laboratorium

    Laboratorium Komputer STT Terpadu Nurul Fikri difungsikan untuk pelaksanaan praktikum mata kuliah dan praktikum bebas serta memfasilitasi keperluan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.

Visi

    Kami ingin menjadi unsur yang ikut menunjang terbentuknya mahasiswa yang terampil dalam bidangnya serta memfasilitasi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen dengan memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada kualitas, efektifitas, dan kemudahan bagi stakeholder.


Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan laboratorium komputer adalah praktikum dan pelatihan. Adapun praktikum yang diselenggarakan terdiri dari:
a.      Praktikum mata kuliah Praktikum mata kuliah adalah praktikum yang diselenggarakan sesuai dengan jadwal perkuliahan yang udah ditentukan oleh BAAK. Untuk dapat mengikuti praktikum tersebut, mahasiswa harus terdaftar pada mata kuliah tersebut dibuktikan dengan kartu rencana studi yang dimilikinya pada semester yang sedang berlangsung. Pada pelaksanaannya, mahasiswa dibimbing oleh seorang asisten praktikum yang akan membimbing selama satu semester.
b.    Praktikum bebas Laboratorium komputer terbuka bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum diluar jam-jam praktikum mata kuliah selama laboratorium tidak sedang digunakan. Mahasiswa yang melakukan praktikum bebas diwajibkan mengisi buku daftar pengunjung. Bagi mahasiswa yang ingin melakukan praktikum bebas di malam hari atau sabtu dan minggu, agar mengisi form penggunaan terlebih dahulu yang tersedia di laboran atau kepala laboratorium.
Aturan Penggunaan Laboratorium


  1. Pihak yang ingin menggunakan laboratorium komputer mengajukan permohonan penggunaan kepada laboran atau kepala UPT laboratorium komputer.
  2. Pengajuan permohonan dilakukan dengan mengisi formulir permohonan penggunaan laboratorium komputer.
  3. Pengajuan permohonan paling lambat 7 hari sebelum waktu penggunaan.
  4. Kepala laboratorium komputer akan melakukan verifikasi permohonan.
  5. Apabila laboratorium komputer tidak sedang digunakan pada waktu yang tertera di formulir permohonan, maka kepala laboratorium komputer akan menyetujui permohonan selanjutnya akan mengalokasikan pada jadwal penggunaan laboratorium komputer.
  6. Apabila laboratorium komputer sedang digunakan pada waktu yang tertera di formulir permohonan, maka permohonan tidak dapat disetujui selanjutnya oleh petugas.
  7. Laporan atau kepala laboratorium komputer akan memberikan konfirmasi kepada pihak pemohon perihal disetujui atau tidaknya permohonan yang diajukan selambat-lambatnya 2 hari setelah pengajuan permohonan dilakukan.
  8. Permohonan yang disetujui selanjutnya akan diproses segala persiapannya oleh pihak laboratorium komputer.
  9. Kepala laboratorium komputer menugaskan laboran untuk menyiapkan segala kelengkapan yang tertera pada formulir permohonan penggunaan laboratorium komputer.
  10. Kepala laboratorium komputer menugaskan petugas yang akan bertanggung jawab pada saat pelaksanaan.