Sejarah

Bab 1      Tentang STT-NF

1.1     Sejarah

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri disingkat STT Terpadu Nurul Fikri (STT-NF) merupakan perguruan tinggi teknologi yang memadukan antara keilmuan praktis di bidang teknologi informasi dengan pengembangan kepribadian islami.

STT Terpadu Nurul Fikri diawali sebagai satu divisi pendidikan komputer Yayasan Nurul Fikri pada tahun 1994. Sejak tahun 1998 sudah menyelenggarakan Pelatihan Linux dan Open Source Pertama (Pelopor) di Indonesia.

Perkembangan selanjutnya, menjadi independen sejak tahun 2000 dengan nama Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Nurul Fikri, kemudian berganti nama menjadi LP3T Nurul Fikri yang menyelenggarakan pelatihan komputer dan pendidikan setara D1 dan D2 telah terakreditasi pada BAN-PNF Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor KOM 3276 00006 09 2009.

Pada tahun 2012, STT Terpadu Nurul Fikri resmi berdiri dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 269/E/O/2012. Salah satu tujuan berdirinya STT Terpadu Nurul Fikri adalah “Mencetak Sarjana yang Berakhlak Mulia, Profesional, dan Bersertifikasi” yang memenuhi kebutuhan sarjana teknologi informasi dengan tetap konsisten mengusung nilai-nilai profesionalisme dan keislaman.

Berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi No. 269/E/O/2012, pada tanggal 13 Agustus 2012, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri terdiri atas 2 (dua) Program Studi sebagai berikut :

  1. Program Studi Sistem Informasi
  2. Program Studi Teknik Informatika

Diusia STT-NF yang dua tahun ditahun 2014 program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika telah terakreditasi BAN-PT. Program Studi Teknik Informatika terakreditasi C dengan SK BAN-PT No. 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 dan Program Studi Sistem Informasi terakreditasi C dengan  SK BAN-PT No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

 

 

Harapan STT Terpadu Nurul Fikri adalah menjadi institusi yang ikut serta dalam pengembangan perguruan tinggi yang menghasilkan sarjana kompenten, profesional serta berkarakter. Lulusannya selain memperoleh ijazah, juga mengantongi sertifikasi IT baik nasional maupun internasional sebagai salah satu bentuk pengakuan terhadap kompetensi IT yang telah dimilikinya. Adanya sertifikat ini menunjukkan bahwa alumnus merupakan generasi profesional yang siap mengabdikan ilmu dan pengetahuannya di masyarakat dan telah disahkan keahliannya melalui sertifikasi keahlian dibidang IT.

Terpadu, dalam rangkaian khazanah keilmuan teknologi dipadukan dengan kepribadian yang mencerminkan perilaku generasi muda Islam. Generasi yang cerdas tanpa batas dengan memiliki akhlak mulia. Melalui mata kuliah keislaman di setiap semester, setiap mahasiswa di didik untuk menjalankan kepribadian keislaman dengan baik, berani, dan percaya diri yang tinggi.