Administrasi Keuangan


Daftar Ulang

Daftar ulang merupakan kegiatan registrasi administrasi dengan diawali pelunasan biaya BOP untuk semester berjalan. Pelunasan ini digunakan untuk membuka akses SIAK untuk pengisian KRS.


Pembayaran Biaya Kuliah

  1. Besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan adalah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk tiap angkatan;
  2. Biaya kuliah sudah harus dilunasi sebelum sebelum dilaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS);
  3. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer dan bukan secara tunai;
  4. Pembayaran yang sudah dilakukan tidak dapat ditarik kembali, bila terjadi kelebihan pembayaran akan diperhitungkan untuk pembayaran biaya kuliah semester berikutnya;
  5. Pembayaran biaya kuliah melalui Virtual Account CIMB Niaga Syariah

STT Nurul Fikri bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah dalam melakukan pembayaran biaya kuliah dengan menggunakan virtual account. Dalam setiap transaksi pembayaran, cukup mencantumkan nomor virtual account ini sebagai nomor rekening tujuan pada CIMB Niaga Syariah. Dengan virtual account ini pembayaran biaya kuliah dapat langsung teridentifikasi oleh Bagian Keuangan dan menghindari kekeliruan.


 Tata Cara Pembayaran

Tata Cara Pembayaran melalui :

Layanan pembayaran virtual account dapat melalui :

  1. ATM CIMB Niaga
  2. ATM Bank Lain (yang tergabung dalam jaringan ATM bersama)
  3. Teller Kantor Cabang CIMB Niaga
  4. Teller Kantor Cabang Bank Lain (transfer LLG/RTGS)
  5. Internet Banking CIMB Niaga
  6. Internet Banking Bank Lain

Berikut cara melakukan pembayaran dengan menggunakan virtual account :

ATM CIMB Niaga

  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Pembayaran Lain
  • Pilih menu Virtual Account
  • Pada Rekening tujuan, masukkan nomor Virtual Account (1489+Kode Pembayaran+ NIM)
  • Masukkan Nominal Pembayaran
  • Konfirmasi dan Proses Pembayaran
  • Selesai

ATM Bank Lain*

  • Pilih menu Transfer
  • Pilih menu Rekening Bank Lain
  • Pilih Kode Bank 022
  • Pada rekening tujuan, masukkan nomor Virtual Account (1489+Kode Pembayaran+ NIM)
  • Masukkan nominal Pembayaran
  • Konfirmasi dan Proses Pembayaran
  • Selesai

*ATM Prima/Bersama atau sama dengan menggunakan kartu ATM Bank Lain pada ATM CIMB Niaga


Teller Kantor Cabang CIMB Niaga 

Contoh format isian formulir multiguna sebagai berikut :

1

    • Mengisi Formulir Multiguna setoran Bank CIMB Niaga
    • Isikan tanggal penyetoran
    • Contreng kotak pilihan Setoran
    • Isikan Nomor Rekening dengan nomor Virtual Account (1489+Kode Pembayaran+NIM)
    • Isikan Bank Penerima dengan CIMB Niaga
    • Isikan Kota & Negara dengan contoh Jakarta
    • Isikan Total Jumlah dengan nilai nominal uang yang akan dibayarkan
    • Isikan Berita, sebagai contoh : Bayar SKS a/n Eko Chandra
    • Isikan Nama/Alamat dengan Nama, Alamat dan Nomor Telepon anda
    • Tandatangani formulir multiguna tersebut

Teller Kantor Cabang Bank Lain**

  • Rekening tujuan diisi dengan nomor Virtual Account(1489+Kode Pembayaran+NIM)
  • Nama penerima diisi dengan nama Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri
  • Bank penerima diisi dengan CIMB Niaga Kantor Cabang Syariah Kebon Jeruk

**Untuk penggunaan “klik BCA”, daftarkan nomor virtual account ke halo BCA sebelum transfer dilakukan.


Internet Banking CIMB Niaga “CIMB Click”

    • Masuk ke alamat cimbclicks untuk melakukan Login pertama kali.
    • Pilih menu Bayar Tagihan kemudian memilih Jenis Pembayaran. Arahakan Jenis pembayarannya ke Virtual Account
    • kemudian silahkan mengisi nomor Virtual Account (1489+Kode Pembayaran+NIM) dengan benar.
    • Pada Kolom Remarks silahkah diisi keterangan (Optional).
    • Lalu klik Lanjut untuk melanjutkan transaksi pembayaran virtual account.
    • Setelah itu masuk ke halaman konfirmasi, silahkan di cek kembali apakah Transaksi sudah benar sebelum melakukan eksekusi transaksi.
    • Jika sudah benar, silahkan memasukan mPin pada kolom “mPin” untuk menjalankan Transaksi.
    • Klik “Permintaan mPin” jika belum memiliki mPin. Konfirmasi mPin melalui SMS akan masuk ke dalam nomer handphone yang terdaftar pada system CIMB Niaga saat pembukaan rekening

Internet Banking Bank Lain

      • Rekening tujuan diisi dengan Nomor Virtual Account (1489+Kode Pembayaran+NIM)
      • Untuk On Line Transaction/Real Time via ATM, Nama penerima diisi dengan Nama Mahasiswa
      • Untuk transfer via LLG/RTGS nama penerima diisi dengan nama Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri
      • Bank penerima diisi dengan CIMB Niaga Kantor Cabang Syariah Kebon Jeruk 
  • Contoh Kode Virtual Account yaitu sebagai berikut :

tabel pembayaran

  • Bagian Keuangan membuatkan kuitansi elektronik dari SIAK (Sistem Informasi Akademis) dan mengirimkan ke masing-masing email mahasiswa minimal 2 (dua) hari setelah mahasiswa melakukan pembayaran. *Mahasiswa wajib mengupdate email ke keuangan@nurulfikri.ac.id **Jika dalam 1 (satu) minggu hari kerja belum menerima email harap menghubungi Bagian Keuangan Ketentuan Pembayaran :
  1. Besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan adalah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk tiap angkatan;
  2. Biaya kuliah sudah harus dilunasi sebelum dilaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS);
  3. Pembayaran wajib dilakukan dengan cara transfer dan bukan secara tunai;
  4. Pembayaran yang sudah dilakukan tidak dapat ditarik kembali, bila terjadi kelebihan pembayaran akan diperhitungkan untuk pembayaran biaya kuliah semester berikutnya.

Penundaan Pembayaran

Penundaan pembayaran biaya kuliah dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dosen pembimbing akademik.
  2. Mengunduh dan mengisi form penundaan pembayaran
  3. Mengisi form penundaan dan melengkapinya dengan persetujuan orang tua/wali penanggung jawab, dan dosen pembimbing akademik. Isi form penundaan meliputi rencana pembayaran, waktu, dan jumlah yang dibayarkan.
  4. Pengajuan penundaan pembayaran ditangguhkan bila mahasiswa bersangkutan belum menyelesaikan penundaan sebelumnya.
  5. Mahasiswa wajib menepati rencana pembayaran yang tertuang pada form penundaan pembayaran.

Pembayaran Biaya Cuti

Berdasarkan dengan SOP Permohonan Cuti Kuliah yang sudah tertera di Bagian Akademik (BAAK), sesuai Surat Edaran No: 003/E-KEU/STT-NF/IX/2015 maka untuk biaya cuti kuliah ditetapkan sesuai dengan Biaya Semester atau Biaya Operasional Pendidikan (BOP) masing-masing angkatan. Pembayaran dilakukan setelah pengisian formulir cuti dan sebelum mengambil cuti kuliah. Pembayaran biaya cuti kuliah dilakukan dengan cara transfer melalui kode virtual account.


Pengajuan Surat Keterangan Lunas Biaya Pendidikan

Surat Keterangan Lunas Biaya Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti sidang skripsi sesuai dengan yang terdapat pada pedoman akademik mengikuti sidang akhir dan untuk kelengkapan administrasi yang lainnya di luar syarat sidang. Untuk itu bagi mahasiswa yang ingin mengajukan diharapkan mengikuti ketentuan berikut ini :

  1. Mengisi Form Pengajuan Surat Keterangan Lunas Biaya Pendidikan Form Pengajuan Lunas atau Form terdapat di Ruangan BAAK kampus B2.
  2. Setelah mengisi dan melengkapi, maka serahkan ke Bagian Keuangan atau email ke keuangan@nurulfikri.ac.id
  3. Bagian Keuangan akan membuatkan Surat Keterangan Lunas Biaya Pendidikan tersebut paling lambat 3 (tiga) hari kerja.

Pembayaran Ujian Susulan

Sesuai dengan Surat Edaran No: 005/E-KEU/STT-NF/VIII/2017 maka untuk biaya ujian susulan ditetapkan sebesar Rp 100.000,- per mata kuliah berlaku untuk UTS dan UAS (sesuai syarat pendaftaran ujian susulan di BAAK). Syarat yang tidak dikenakan biaya ujian susulan yaitu :

  1. Sakit dan adanya surat sakit dari dokter
  2. Adanya surat keterangan bahwa mengikuti kegiatan kemahasiswaan
  3. Adanya surat izin tugas dari kantor untuk mahasiswa beasiswa karyawan STT-NF
  4. Jadwal ujian bentrok dengan jadwal ujian lainnya

Selain yang terdapat pada ketentuan tersebut maka tidak berlaku dan tetap dikenakan biaya ujian susulan


Virtual Account Payment Guidance

2