Sasaran Kuliah Praktek Kerja Lapangan 
Praktek Kerja Lapangan diharapkan dapat dilakukan di organisasi atau instansi atau perusahaan yang mendayagunakan teknologi yang diajarkan di STT-NF, sehingga mahasiswa dapat memahami prosedur kerja dan menganalisis permasalahan sehingga kemudian dapat merancang sistem dan aplikasi yang sesuai.

Persyaratan 
Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Prakter Kerja Lapangan (PKL) telah memenuhi persyaratan baik persyaratan akademik maupun persyaratan administratif.

    1. Persyaratan Akademik

Mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah sebanyak 80 sks, dibuktikan dengan transkrip nilai sementara yang ditandatangani Penasehat Akademik.

    1. Persyaratan Administratif

– Telah melunasi pembayaran hingga semester saat pengajuan Tugas Akhir dibuktikan dengan bukti pembayaran yang dikeluarkan bagian BAAK.
– Mencantumkan mata kuliah PKL dalam Kartu Rencana Studi (KRS) sebagai salah satu mata kuliah yang akan diambilnya.

Waktu dan Tempat 
PKL dilaksanakan mengikuti jam kerja pada perusahaan/industri tempat mahasiswa PKL. Tempat PKL adalah perusahaan swasta, BUMN, lembaga pemerintah, dan tempat lainnya yang berhubungan dengan kompentensi yang ditekuni. Tempat Praktek Kerja Lapangan dapat dicari sendiri oleh mahasiswa atau disalurkan oleh Program Studi (maks. 3 bulan/semester).

Penilaian

  1. Penilaian Praktek Kerja dilakukan oleh pembimbing lapangan 40%, terdiri dari unsur : inovasi, kerjasama, kedisiplinan.
  2. Penilaian laporan Praktek Kerja oleh Dosen pembimbing laporan 40% , terdiri dari unsur : materi, penguasaan materi, bahasa dan tata penulisan.
  3. Penilaian seminar oleh koordinator PKL 20%, terdiri dari unsur : presentasi, penguasaan materi.
  4. Semua hal yang berkaitan dengan penilaian Praktek Kerja dan laporan Praktek Kerja, dan seminar Praktek Kerja Lapangan harus dicantumkan dalam lembar penilaian.