Tentang STT Terpadu Nurul Fikri


Sejarah

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri disingkat STT Terpadu Nurul Fikri (STT-NF) merupakan perguruan tinggi teknologi yang memadukan antara keilmuan praktis di bidang teknologi informasi dengan pengembangan kepribadian islami.

STT Terpadu Nurul Fikri diawali sebagai satu divisi pendidikan komputer Yayasan Nurul Fikri pada tahun 1994. Sejak tahun 1998 sudah menyelenggarakan Pelatihan Linux dan Open Source Pertama (Pelopor) di Indonesia.

Perkembangan selanjutnya, menjadi independen sejak tahun 2000 dengan nama Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Nurul Fikri, kemudian berganti nama menjadi LP3T Nurul Fikri yang menyelenggarakan pelatihan komputer dan pendidikan setara D1 dan D2 telah terakreditasi pada BAN-PNF Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor KOM 3276 00006 09 2009.

Pada tahun 2012, STT Terpadu Nurul Fikri resmi berdiri dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 269/E/O/2012. Salah satu tujuan berdirinya STT Terpadu Nurul Fikri adalah “Mencetak Sarjana yang Berakhlak Mulia, Profesional, dan Bersertifikasi” yang memenuhi kebutuhan sarjana teknologi informasi dengan tetap konsisten mengusung nilai-nilai profesionalisme dan keislaman.

Berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi No. 269/E/O/2012, pada tanggal 13 Agustus 2012, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri terdiri atas 2 (dua) Program Studi sebagai berikut :

  1. Program Studi Sistem Informasi
  2. Program Studi Teknik Informatika

Diusia STT-NF yang dua tahun ditahun 2014 program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika telah terakreditasi BAN-PT. Program Studi Teknik Informatika terakreditasi C dengan SK BAN-PT No. 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 dan Program Studi Sistem Informasi terakreditasi C dengan  SK BAN-PT No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

Harapan STT Terpadu Nurul Fikri adalah menjadi institusi yang ikut serta dalam pengembangan perguruan tinggi yang menghasilkan sarjana kompenten, profesional serta berkarakter. Lulusannya selain memperoleh ijazah, juga mengantongi sertifikasi IT baik nasional maupun internasional sebagai salah satu bentuk pengakuan terhadap kompetensi IT yang telah dimilikinya. Adanya sertifikat ini menunjukkan bahwa alumnus merupakan generasi profesional yang siap mengabdikan ilmu dan pengetahuannya di masyarakat dan telah disahkan keahliannya melalui sertifikasi keahlian dibidang IT.

Terpadu, dalam rangkaian khazanah keilmuan teknologi dipadukan dengan kepribadian yang mencerminkan perilaku generasi muda Islam. Generasi yang cerdas tanpa batas dengan memiliki akhlak mulia. Melalui mata kuliah keislaman di setiap semester, setiap mahasiswa di didik untuk menjalankan kepribadian keislaman dengan baik, berani, dan percaya diri yang tinggi.


Visi

Pada tahun 2025 Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi yang unggul di Indonesia, berbudaya inovasi, berjiwa teknopreneur, dan berkarakter religius.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang mengembangkan jiwa kepemimpinan dan teknopreneurship berlandaskan iman dan takwa.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan teknologi masa depan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
  4. Membangun lingkungan akademik yang kondusif bagi terwujudnya kebebasan akademik, otonomi keilmuan, dan budaya inovasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang kompeten, profesional, berakhlak mulia, sehingga mampu berkompetisi di dunia kerja dan dunia usaha.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah di berbagai bidang teknologi, berwawasan masa depan yang inovatif dan bercirikan keterbukaan (openess) seperti open source, open standar dan open access/content, sehingga bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan diakui secara Internasional.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna bagi masyarakat dengan melibatkan sivitas akademika.
  4. Menciptakan kultur akademik yang inovatif, kompetitif dan kondusif untuk mewujudkan institusi yang unggul dan terkemuka.

Identitas

stt nf

  1. Lambang Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri berbentuk bulatan berwarna biru dengan gambar berbentuk garis-garis putih didalamnya, dan elips berwarna oranye di luar lingkaran;
  2. Lingkaran dalam lambang Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri bermakna bahwa segenap warga Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri bersatu di dalam pengabdian/pelayanan yang teguh yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Lukisan berbentuk garis-garis di dalam lingkaran melambangkan sivitas akademika yang sedang belajar, melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan memanfaatan ilmunya untuk pengabdian kepada masyarakat.
  4. Lingkaran elips melambangkan ikatan yang kuat seluruh warga STT Terpadu Nurul Fikri untuk menjadi institusi yang memberi manfaat bagi bangsa indonesia dan ummat manusia di alam semesta.
  5. Warna biru lingkaran melambangkan arti bidang teknologi, profesional, dan kerja keras.
  6. Warna putih lukisan garis-garis melambangkan kebebasan dan keterbukaan akademik.
  7. Warna oranye elips melambangkan keinginan yang kuat untuk menjalankan visi, misi dan tujuan

Struktur Organisasi

struktue
Tugas dan Wewenang:

  1. Pimpinan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk:
    • Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
    • Membina seluruh civitas akademika dan hubungannya dengan lingkungan;
    • Membina dan melakukan kerjasama antara STT-Nurul Fikri dengan masyarakat, instansi/lembaga pemerintah/swasta, baik dalam maupun luar negeri.
  2. Senat mempunyai tugas untuk menentukan kebijakan-kebijakan sivitas akademik.
  3. Wakil Ketua Bidang Akademik melaksanakan tugas membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama dan pengembangan kelembagaan, juga melakukan pembinaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa, serta tugas lain yang diberikan oleh ketua.
  4. Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan melaksanakan tugas membnatu ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang sumber daya dan keuangan, kesejahteraan dosen dan karyawan, serta tugas lain yang diberikan oleh ketua.
  5. Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melaksanakan tugas membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pembinaan, karier alumni dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa, serta memimpin pelaksanaan kerjasama dan pengembangan kelembagaan, juga melakukan tugas lain yang di berikan oleh ketua.
  6. Program Studi mempunyai fungsi:
    • Melaksanakan, mengembangkan pendidikan dan pembelajaran di lingkungan STT-NF;
    • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berkoordinasi dengan LPPM;
    • Melaksanakan pembinaan dosen dan tenaga pendidikan , berkoordinasi dengan bagian kepegawaian;
    • Melaksanakan pembinaan mahasiswa, berkoordiansi dengan Bagian Kemahasiswaan;
    • Melaksanakan standar mutu, bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Internal;
    • Melaksanakan kerjasama dengan pihak luar Sekolah Tinggi bekerja sama dengan bagian Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan.
  7. UPT Komputer bertugas melakukan pengelolaan, koordinasi dan mengembangkan sistem dan infrastruktur teknologi informasi di lingkungan kampus.
  8. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksankan fungsi:
    • Perencanaan kegiatan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu untuk pengembangan institusi dan menunjang pembangunan;
    • Pembinaan, pengelolaan, monitoring, dan evaluasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
    • Pengembangan mutu dan pengelolaan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, meliputi publikasi ilmiah, teknologi tepat guna, HAKI, implementasi kebijakan pembanguna nasional.
    • Pengelolaan hubungan dan kerjasama penelitian utnuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan hasil penelitian sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
    • Pengembangan dan pengelolaan program pendidikan dan pelatihan peningkatan mutu penelitian dan hasil-hasil penelitian;
    • Pengelolaan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan EPSBED dan PDPT, atau ketentuan Dirjen Dikti.
    • Penyusunan Proposal hibah pengembangan kelembagaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
    • Melaksanakan tugas lain dari Pimpinan STT-NF sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  9. Lembaga Penjamin Mutu Internal melaksanakan fungsi:
    • Perencanaan kebijakan mutu, Pengembangan pembelajaran dan penjamin mutu internal;
    • Pembinaan dan pengelolaan akademik, mutu proses pembelajaran, kurikulum, dan pengembangan intruksional pembelajaran;
    • Pembinaan dan perumusan kebijakan mutu, pengembangan mutu dan sertifikasi mutu, dan sertifikasi profesi ketenagakerjaan;
    • Pengendalian, monitoring dan evaluasi mutu dan kinerja ketenagakerjaan;
    • Pengelolaan data mutu kinerja ketenagakerjaan, EPSBED dan PDPT, atau ketentuan Dirjen Dikti;
    • Pengembangan dan pengelolaan program pendidikan dan pelatihan peningkatan standar mutu;
    • Melaksanakan pengawasan dan audit terhadap pelaksanaan pengelolaan keuangan dan manajemen seluruh unit kerja;
    • Monitoring tindak lanjut hasil audit internal serta menyampaikan saran perbaikan pada ketua;
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  10. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan melaksanakan fungsi:
    • Menyusun perencanaan administrasi kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
    • Mengkoordinasikan pengelolaan administrasi akademik, mutu proses pembelajaran, administrasi kurikulum, penerbitan ijazah dan transkrip nilai;
    • Mengelola Sistem Informasi Akademik atau Sisfo Kampus;
    • Mengelola database kemahasisaan dan alumni sesuai EPSBED atau PDPT, atau mengikuti ketentuan Dirjen Dikti;
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  11. Bagian Keuangan melaksanakan fungsi:
    • Penyusunan perencanaan, dan evaluasi rencana kerja, anggaran pendapatan, dan belanja Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri(RAPB STT-NF);
    • Pelaksanaan urusan administrasi penerimaan dan pembayaran, serta akuntansi keuangan di lingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri;
    • Memeriksa, meneliti dan menganalisis rancangan penggunaan anggaran;
    • penyusunan laporan pelaksanaan anggaran dan kegiatan di bidang keuangan;
    • Penyusunan laporan keuangan sesuai dengan sistem akuntansi Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri;
    • Melaksanakan tugas lain yang di berikan pimpinan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  12. Bagian Kepegawaian melaksanakan fungsi:
    • Penyusunan dan evaluasi rencana kerja dan kebutuhan bidang ketenagakerjaan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri;
    • Melaksanakan administrasi kesekretariatan, ketenagakerjaan, sesuai kebutuhan EPSBED atau PDPT, atau mengikuti ketentuan Dirjen Dikti;
    • Pengelolaan administrasi kearsipan dan manajemen sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri;
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  13. Bagian Sarana dan Prasarana melaksanakan fungsi:
    • Menyusun dan mengevaluasi rencana kerja dan kebutuhan di bidang administrasi umum dan kerumahtanggan temasuk kebersihan dan keamanan, sarana dan prasarana Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri;
    • Mengelola administrasi umum, kerumahtanggaan termasuk kebersihan dan keamanan fisik, sistem pengadaan barang dan jasa, dan administrasi sarana dan prasarana, serta inventarisasi barang;
    • Melaksanakan pelaporan administrasi umum, kerumahtanggaan, sarana dan prasarana sesuai kebutuhan EPSBED atau PDPT, atau mengikuti ketentuan Ditjen Dikti;
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  14. Bagian Kemahasiswaan melaksanaan fungsi:
    • Perencanaan pembinaan dan pengelolaan pembelajaran kompetensi, pembina karakter dan kewirausahaan, serta pengembangan soft skill lainnya;
    • Pengelolaan dan pelaporan database soft skill sesuai EPSBED atau PDPT, atau mengikuti ketentuan Ditjen Dikti;
    • Pengembangan dan pengelolaan program pelatihan kemahasiswaan, kewiraausahaan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa;
    • Penyusunan proposal hibah terkait pengembangan kemahasiswaan, kewirausahan dan karir ;
    • Mengadministrasikan pengelola organisasi kemahasiswaan, minat bakat, penalaran, kesejahteraan, beasiswa, wisuda dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM);
    • Bekerja sama dengan Bagian Humas, Kerjasama, Promosi dan Kemitraan menjalakan proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
    • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Pimpinan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  15. UPT Perpustakaan melaksanakan fungsi mengelola buku-buku dan referensi kegiatan perkuliahan, penunjang penelitian, maupun buku-buku pengetahuan umum.
  16. Bagian Pemasaran dan PMB memiliki fungsi: mempromosikan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri dan mengelola rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru.
  17. Bagian Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan memiliki fungsi:
    • Membina dan mengawasi kegiatan kemahasiswaan, membina hubungan dan komunikasi dengan alumni
    • Melaksanakan tugas kemitraan dan bekerjasama dengan pihak luar untuk mendukung kemajuan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri antara lain untuk mendapatkan dana hibah, dana beasiswa mahasiswa, dan sponsorship.
  18. LP3 – STT-NF mempunyai tugas:
    • Melaksanakan pengembangan usaha dan mengoptimalkan perolehan sumber-sumber pendanaan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
    • Pengelolaan jasa-jasa berdasarkan kompetensi keilmuan, profesi, atau jasa-jasa laboratorium dan sumber daya informasi dan teknologi, khususnya untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan pembelajaran tentang teknologi informasi untuk masyarakat umum.

Profil Yayasan

Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri

Ketua         : DR. Warsito, M.Eng.

Anggota    : Drs. Suharna Surapranata, M.T.

Drs. Musoli.

Dr. Mohamad Sohibul Iman.

Dr. Fahmy Alaydroes, S.Psi., M.M., M.Ed.

Dr. Mulyanto.

Prof.Dr.Ir. Mukhtasor, M.Eng.

Dr. Prihandoko, M.I.T.

Susunan Dewan Pengawas

Ketua         : Dr. Tjahjo Pranoto, M.Eng.

Anggota     : Drs. Bachtiar Sunasto, M.Si.

Drs. Muhammad Taufik Zoelkifli, M.M.

Susunan Dewan Pengurus

Ketua                       : Dr. Rudi Lumanto.

Sekretaris              : Ahadiyat, S.Sos.

Bendahara             : Muhamad Ichsan, S.E.

ORGANISASI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TERPADU NURUL FIKRI

Ketua                                                                                  : Lukman Rosyidi, S.T., M.M., M.T

Wakil Ketua I                                                                   : Sirojul Munir S.Si, M.Kom.

Wakil Ketua II                                                                  : Muhamad Ichsan, S.E.

Wakil Ketua III                                                                  : Ahadiyat, S.Sos, MM

Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI)                  : Suhendi, S.T., M.M.S.I

Wakil Ketua I

Ketua                                                                                    : Sirojul Munir S.Si, M.Kom

Kaprodi Sistem Informasi                                               : Amalia Rahmah, MT.

Kaprodi Sistem Teknik Informatika                             : Ahmad Rio Adriansyah, M.Si.

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masy.                   : Zaki Imaduddin, S.T., M.Kom.

Biro Akademik dan Kemahasiswaan                           : Misna Asqia, S.Kom.

UPT Komputer                                                                   : Hendra Sasmita, S.Kom.

UPT Perpustakaan                                                            : Misriyanti, S.Hum.

Wakil Ketua II

Ketua                                                                                   : Muhamad Ichsan, S.E.

Bagian Kepegawaian                                                       : Camal Sugiharta, S.Kom

Bagian Keuangan                                                             : Amalia, S.E

Bagian Sarana dan Prasarana                                       : Edi Wibowo, SE.

Wakil Ketua III

Ketua                                                                                   : Ahadiyat, S.Sos

Bagian PMB dan Administrasi                                       : David Wahyu Wismanindra, S.Kom

Bagian Digital Marketing dan Kemitraan                    : –

Bagian Kemahasiswaan                                                   : Hendra Aditiyawijaya, S.Kom

Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI)       

Ketua                                                                                    : Suhendi, S.T., M.M.S.I

Staf                                                                                        : Nidaul Jannah

LP3 STT NF

Divisi Operasional                                                             : M. Idris, A.Md

Divisi Pemasaran                                                               : Yatno, S.E

Divisi Pembelajaran                                                          : Ir. Lusi Endang Sudarmani

Divisi Pengembangan Produk                                         : Henry Saptono, S.Si., M.Kom