1. Sistem Informasi

Visi

Program Studi Sistem Informasi adalah merupakan ilmu yang mengedepankan analisa-analisa data sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi. Sistem informasi berfokus pada pra-development pada suatu teknologi yang dibuat serta melakukan evaluasi selama development berlangsung.

Misi

Berikut ini, misi dari Program Studi Sistem Informasi, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas dalam bidang keahlian Sistem Informasi yang mengembangkan jiwa kepemimpinan dan technopreneurship berlandaskan iman dan takwa.
  2. Membangun lingkungan akademik yang kondusif bagi terwujudnya kebebasan akademik, otonomi keilmuan, dan budaya inovasi.
  3. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi informasi, dengan penekanan pada bidang Enterprise Information System.

Tujuan

Dengan Misi tersebut, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Sistem Informasi, sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana Sistem Informasi yang kompeten, profesional, berakhlak mulia, sehingga mampu berkompetisi di dunia kerja dan dunia usaha.
  2. Terciptanya kultur akademik yang inovatif, kompetitif dan kondusif untuk mewujudkan institusi yang unggul dan terkemuka.
  3. Menghasilkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi terkini.

PL (Profil Lulusan)

No. Kode.
PL
Profil Lulusan (PL)
1PL01Lulusan mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu
pengetahuan dan teknologi untuk menyelesaikan masalah nyata terutama di bidang
sistem pendukung bisnis dan organisasi.
2PL02Lulusan menguasai konsep teoritis dan praktis bidang sistem informasi serta
interaksinya dengan domain keilmuan lain (Interdisiplin).
3PL03Lulusan memiliki kemampuan memahami, menerapkan dan mengintegrasikan model
sistem, menggunakan metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang
mendatangkan suatu nilai untuk organisasi.
4PL04Lulusan memiliki kemampuan menganalisis, merancang, membuat, dan
melakukan evaluasi sistem informasi yang selaras dengan tujuan organisasi.
5PL05Lulusan mampu menghayati dan menerapkan nilai Novelty, Integrity, Care, dan
Excellence (NICE)

Daftar Mata Kuliah

Semester 1

NoMata KuliahSKS
1Pembentukan Karakter2
2Pendidikan Agama2
3Bahasa Indonesia2
4Matematika Komputer3
5Dasar-Dasar Pemrograman3
6Pengantar Teknologi Informasi3
7Sistem Operasi3
8Pemrograman Web 13
 Jumlah SKS21

Semester 2

NoMata KuliahSKS
1Komunikasi Efektif2
2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2
3Bahasa Inggris 12
4Statistik dan Probabilitas2
5Basis Data4
6User Interface & User Experience3
7Jaringan Komputer3
8Pemrograman Web 23
 Jumlah SKS21

Semester 3

NoMata KuliahSKS
1Kewirausahaan2
2Bahasa Inggris 22
3Rekayasa Perangkat Lunak3
4Big Data3
5Pengantar Sistem Informasi3
 Peminatan E-Business 
6Pengantar Bisnis dan Manajemen3
7Pengantar Bisnis Digital3
8Sistem Informasi Akuntansi3
 Peminatan Enterprise Information System 
6Jaminan Kualitas Sistem Informasi3
7Sistem Informasi SDM3
8Enterprise Resource Planning3
 Peminatan Visual Communication Design 
6Dasar-dasar Desain3
7Presentasi dan Komunikasi Visual3
8Multimedia Interaktif3
 Jumlah SKS22

Semester 4

NoMata KuliahSKS
1Etika Profesi2
2Manajemen Proyek3
3Kecerdasan Artifisial3
4Cloud Computing2
5Tata Kelola Teknologi Informasi4
 Peminatan E-Business 
6Supply Chain & Production Management3
7Digital Marketing3
 Peminatan Enterprise Information System 
6Supply Chain Management3
7Digital Marketing3
 Peminatan Visual Communication Design 
6Desain Grafis3
7Pemodelan 3D3
 Jumlah SKS20

Semester 5 * (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1(Mata Kuliah Pilihan)3
2(Mata Kuliah Pilihan)3
3(Mata Kuliah Pilihan)3
4(Mata Kuliah Pilihan)3
5(Mata Kuliah Pilihan)3
6(Mata Kuliah Pilihan)3
7(Mata Kuliah Pilihan)3
 Jumlah SKS21

*) Dapat memilih mata kuliah pilihan di prodi sendiri maupun prodi lain

NoMata Kuliah Pilihan Prodi Sistem InformasiSKS
 1Topik Khusus Sistem Informasi3
 2Fintech3
 3Enterprise Architecture Integration3
 4Business Intelligence3
 5Dasar-dasar Animasi3
 6Digital Branding3
 7Sistem Manajemen Keamanan Informasi3
Jumlah SKS21

Semester 6 (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1Keterampilan Kerjasama3
2Teknik Identifikasi Masalah3
3Analisis dan Desain Solusi3
4Pengujian Desain Solusi3
5Technopreneurship4
 Jalur Magang 
6Proyek Kerja Praktek 14
 Jalur Studi Independen 
6Proyek Studi Independen 14
 Jalur Riset 
6Proyek Magang Penelitian 14
 Jalur Kewirausahaan 
6Proyek Kewirausahaan 14
 Jalur Mengajar 
6Proyek Asistensi Mengajar 14
 Jalur Kuliah Kerja Nyata 
6Proyek Kuliah Kerja Nyata 14
 Jalur Proyek Kemanusiaan 
6Proyek Kemanusiaan 14
 Jumlah SKS20

Semester 7 (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1Keterampilan Kepemimpinan3
2Implementasi Solusi3
3Presentasi Proyek3
4Penulisan Dokumentasi Proyek3
5Integrasi Sistem4
 Jalur Magang 
6Proyek Kerja Praktek 24
 Jalur Studi Independen 
6Proyek Studi Independen 24
 Jalur Riset 
6Proyek Magang Penelitian 24
 Jalur Kewirausahaan 
6Proyek Kewirausahaan 24
 Jalur Mengajar 
6Proyek Asistensi Mengajar 24
 Jalur Kuliah Kerja Nyata 
6Kuliah Kerja Nyata 24
 Jalur Proyek Kemanusiaan 
6Proyek Kemanusiaan 24
 Jumlah20

Semester 8

NoMata KuliahSKS
1Tugas Akhir3
 Jumlah3

Profil/Deskripsi Peminatan

A. Peminatan E-Business

Peminatan E-Business dirancang untuk membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dan pengetahuan yang penting dalam dunia bisnis digital. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar E-Business, termasuk definisi, ruang lingkup, dan manfaatnya dalam konteks bisnis modern.
  2. Mahasiswa mampu belajar bagaimana cara merancang, mengembangkan, dan mengelola situs web dan aplikasi bisnis yang efektif. Ini mencakup keterampilan teknis dalam pemrograman web, desain tampilan, dan pengoptimalan pengalaman pengguna. 
  3. Mahasiswa mampu memahami konsep e-commerce, termasuk proses transaksi online, manajemen inventaris, pembayaran online, keamanan transaksi, dan strategi pemasaran yang berkaitan.
  4. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan pemasaran digital, seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), media sosial, iklan online, dan email marketing, harus dikuasai untuk meningkatkan visibilitas bisnis online.
  5. Mahasiswa mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mengidentifikasi tren, memahami perilaku pelanggan, dan membuat keputusan bisnis yang didukung oleh data. 
  6. Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kebijakan keamanan informasi serta menjaga privasi pelanggan dalam operasi bisnis online adalah keterampilan penting.
  7. Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proyek-proyek E-Business, serta membuat keputusan strategis yang didasarkan pada informasi yang diperoleh dari data. 
  8. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan teknologi baru yang relevan dalam bisnis digital, seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan lain sebagainya.
  9. Mahasiswa mampu memahami hukum dan etika yang berkaitan dengan bisnis online, termasuk perlindungan konsumen, perlindungan data, dan tanggung jawab sosial perusahaan. 
  10. Mahasiswa perlu memiliki kemampuan komunikasi secara efektif dalam lingkungan bisnis digital, baik dalam bentuk tulisan, lisan, maupun visual, sangat penting dalam berinteraksi dengan pelanggan, rekan kerja, dan mitra bisnis.

B. Peminatan Enterprise Information System

Peminatan Enterprise Information System dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan dan pengetahuan yang penting dalam konteks sistem informasi perusahaan. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dari Enterprise Information System, termasuk bagaimana sistem ini digunakan untuk mengelola informasi, data, dan proses bisnis di perusahaan. 
  2. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk menganalisis kebutuhan bisnis dan merancang solusi informasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini mencakup pemahaman mendalam tentang proses bisnis dan cara mengoptimalkannya dengan sistem informasi. 
  3. Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan komponen utama dari sistem informasi perusahaan, termasuk database, aplikasi, antarmuka pengguna, dan infrastruktur teknologi yang digunakan.
  4. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan integrasi antara berbagai sistem informasi yang digunakan dalam perusahaan. Ini termasuk integrasi antara aplikasi internal dan eksternal. 
  5. Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proyek implementasi EIS, termasuk pemantauan anggaran, jadwal, dan sumber daya. 
  6. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk dapat memahami dan mengimplementasikan tindakan keamanan informasi yang efektif untuk melindungi data perusahaan dari ancaman keamanan siber.
  7. Mahasiswa mampu dapat menggunakan data yang dikumpulkan oleh EIS untuk menganalisis kinerja bisnis, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang didukung oleh data.
  8. Mahasiswa mampu memiliki untuk mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam EIS, serta kemampuan pemrograman yang mungkin diperlukan. 
  9. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal, termasuk kemampuan menyampaikan informasi teknis dengan jelas kepada pemangku kepentingan non-teknis. 
  10. Mahasiswa mampu memiliki kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren dalam dunia sistem informasi perusahaan. 
  11. Mahasiswa mampu sadar akan masalah etika dan kepatuhan dalam pengelolaan data dan informasi perusahaan, serta kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

C. Peminatan Visual Communication Design

Peminatan Visual Communication Design dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan kreatif, teknis, dan konseptual yang penting dalam dunia desain komunikasi visual. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar desain, termasuk komposisi visual, tipografi, warna, proporsi, dan struktur visual. 
  2. Mahasiswa mampu berpikir secara kreatif dan menghasilkan ide-ide desain yang inovatif dan unik untuk berbagai proyek komunikasi visual. 
  3. Mahasiswa mampu menguasai berbagai perangkat lunak dan peralatan desain, seperti Adobe Creative Suite (Photoshop, Illustrator, InDesign), dan memiliki keterampilan dalam penggunaan alat-alat tradisional seperti pensil, pensil warna, dan cat air.
  4. Mahasiswa mampu merancang narasi visual yang efektif dan mengkomunikasikan pesan atau cerita melalui elemen-elemen visual, termasuk gambar, grafik, dan ilustrasi. 
  5. Mahasiswa mampu memahami yang mendalam tentang tipografi, termasuk pemilihan jenis huruf yang tepat, penempatan teks, dan pembuatan desain teks yang mudah dibaca dan efektif. 
  6. Mahasiswa mampu merancang identitas merek yang kuat, termasuk logo, warna, dan elemen-elemen visual yang menggambarkan suatu organisasi atau produk. 
  7. Mahasiswa mampu merancang materi grafis seperti poster, brosur, pamflet, dan iklan yang menarik perhatian dan efektif dalam menyampaikan pesan. 
  8. Mahasiswa mampu memahami tentang desain multimedia, termasuk desain web, animasi, video, dan grafik bergerak. 
  9. Mahasiswa mampu dapat menganalisis dan mengevaluasi desain, baik mereka sendiri maupun karya orang lain, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. 
  10. Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan klien, tim, atau pemangku kepentingan lainnya dalam proses desain.
  11. Mahasiswa mampu sadar akan kebutuhan pasar dan cara menghasilkan desain yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. 
  12. Mahasiswa mampu mengelola proyek desain dari konseptualisasi hingga implementasi, termasuk perencanaan waktu dan sumber daya.

RoadMap Mata Kuliah