2. Teknik Informatika

Visi

Visi dari Program Studi Teknik Informatika adalah “Pada tahun 2045 menjadi program studi Informatika yang menghasilkan lulusan yang unggul dalam merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan solusi informatika terutama di bidang bisnis, kesehatan dan pendidikan, dengan berbudaya inovasi, berjiwa teknopreneur, dan berkarakter religius”.

Misi

Berikut ini, misi dari Program Studi Teknik Informatika, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas dalam bidang keahlian Teknik Informatika yang mengembangkan jiwa kepemimpinan dan technopreneurship berlandaskan iman dan takwa;
  2. Melaksanakan penelitian bidang keahlian Teknik Informatika yang inovatif  dan berorientasi pada pengembangan teknologi masa depan terutama pada bidang bisnis, kesehatan dan pendidikan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat terutama pada bidang  bisnis, kesehatan dan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna di bidang Teknik Informatika;
  4. Membangun lingkungan akademik yang kondusif bagi terwujudnya kebebasan akademik, otonomi keilmuan, dan budaya inovasi.

Tujuan

Dengan Misi tersebut, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Program Studi Teknik Informatika, sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang kompeten, profesional, berakhlak mulia, sehingga mampu berkompetisi di dunia kerja;
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang teknologi informasi, berwawasan masa depan yang inovatif dan bercirikan keterbukaan (openness) seperti open source, open standard dan open access/content, sehingga bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan diakui secara internasional;
  3. Memberikan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna bagi masyarakat dengan melibatkan sivitas akademika, terutama pada bidang bisnis, kesehatan dan pendidikan;
  4. Terciptanya kultur akademik yang inovatif, kompetitif, dan kondusif untuk mewujudkan institusi yang unggul dan terkemuka.

PL (Profil Lulusan)

NoKode PLProfil Lulusan (PL)
1PL01Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan computing serta menerapkan prinsip-prinsip computing dan disiplin ilmu relevan lainnya untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi.
2PL02Lulusan memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan pendekatan yang sesuai.
3PL03Lulusan mampu berpikir logis, kritis serta sistematis dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika/ilmu komputer untuk menyelesaikan masalah nyata terutama di bidang bisnis, kesehatan dan pendidikan.
4PL04Lulusan menguasai konsep teoritis dan praktis bidang informatika/ilmu komputer serta interaksinya dengan domain keilmuan lain (Interdisiplin).
5PL05Lulusan mampu menghayati dan menerapkan nilai Novelty, Integrity, Care, dan Excellence (NICE).

Struktur Mata Kuliah

Semester 1

NoMata KuliahSKS
1Pembentukan Karakter2
2Pendidikan Agama2
3Bahasa Indonesia2
4Matematika Komputer3
5Dasar-Dasar Pemrograman3
6Pengantar Teknologi Informasi3
7Sistem Operasi3
8Pemrograman Web 13
 Jumlah SKS21

Semester 2

NoMata KuliahSKS
1Komunikasi Efektif2
2Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2
3Bahasa Inggris 12
4Statistik dan Probabilitas2
5Basis Data4
6User Interface & User Experience3
7Jaringan Komputer3
8Pemrograman Web 23
 Jumlah SKS21

Semester 3

NoMata KuliahSKS
1Kewirausahaan2
2Bahasa Inggris 22
3Rekayasa Perangkat Lunak3
4Big Data3
5Teori Bahasa dan Otomata2
 Peminatan Software Engineering 
6Pemrograman Backend3
7Keamanan Web3
8Pola Desain Perangkat Lunak3
 Peminatan Network Engineering 
6Administrasi Jaringan3
7Routing & Switching3
8Teknologi Virtualisasi3
 Peminatan Data Engineering 
6Data Mining3
7Information Retrieval3
8Exploratory Data Analysis3
 Peminatan Cyber Security 
6Administrasi Jaringan3
7Keamanan Web3
8Incident Response3
 Jumlah SKS21

Semester 4

NoMata KuliahSKS
1Etika Profesi2
2Manajemen Proyek3
3Kecerdasan Artifisial3
4Cloud Computing2
5Keamanan Komputer dan Jaringan2
 Peminatan Software Engineering 
6Jaminan Kualitas Perangkat Lunak3
7Visualisasi Data3
8Pemrograman Frontend3
 Peminatan Network Engineering 
6Pemrograman Sistem dan Jaringan3
7DevOps3
8Manajemen Infrastruktur IT3
 Peminatan Data Engineering 
6Visualisasi Data3
7Pemrosesan Terdistribusi3
8Data Science3
 Peminatan Cyber Security 
6Kriptografi3
7Ethical Hacking3
8IT Disaster Recovery3
 Jumlah SKS21

Semester 5 * (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1(Mata Kuliah Pilihan)3
2(Mata Kuliah Pilihan)3
3(Mata Kuliah Pilihan)3
4(Mata Kuliah Pilihan)3
5(Mata Kuliah Pilihan)3
6(Mata Kuliah Pilihan)3
7(Mata Kuliah Pilihan)3
 Jumlah SKS21

 *) Bisa memilih mata kuliah pilihan di prodi sendiri maupun prodi lain

Mata Kuliah Pilihan Prodi Teknik InformatikaSKS
 Topik Khusus Teknik Informatika3
 Sistem Informasi Geografis3
 Pemrograman Game3
 Jaringan Nirkabel3
 Pemrograman IoT3
 Natural Language Processing3
 Pengolahan Citra3
 Digital Forensics3
 Sistem Manajemen Keamanan Informasi3

Semester 6 (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1Keterampilan Kerjasama3
2Teknik Identifikasi Masalah3
3Analisis dan Desain Solusi3
4Pengujian Desain Solusi3
5Technopreneurship4
 Jalur Magang 
6Proyek Kerja Praktek 14
 Jalur Studi Independen 
6Proyek Studi Independen 14
 Jalur Riset 
6Proyek Magang Penelitian 14
 Jalur Kewirausahaan 
6Proyek Kewirausahaan 14
 Jalur Mengajar 
6Proyek Asistensi Mengajar 14
 Jalur Kuliah Kerja Nyata 
6Proyek Kuliah Kerja Nyata 14
 Jalur Proyek Kemanusiaan 
6Proyek Kemanusiaan 14
 Jumlah SKS20

Semester 7 (Merdeka Belajar)

NoMata KuliahSKS
1Keterampilan Kepemimpinan3
2Implementasi Solusi3
3Presentasi Proyek3
4Penulisan Dokumentasi Proyek3
5Integrasi Sistem4
 Jalur Magang 
6Proyek Kerja Praktek 24
 Jalur Studi Independen 
6Proyek Studi Independen 24
 Jalur Riset 
6Proyek Magang Penelitian 24
 Jalur Kewirausahaan 
6Proyek Kewirausahaan 24
 Jalur Mengajar 
6Proyek Asistensi Mengajar 24
 Jalur Kuliah Kerja Nyata 
6Kuliah Kerja Nyata 24
 Jalur Proyek Kemanusiaan 
6Proyek Kemanusiaan 24
 Jumlah SKS20

Semester 8

NoMata KuliahSKS
1Tugas Akhir3
 Jumlah SKS3

Profil/Deskripsi Peminatan

A. Peminatan Software Engineering

Peminatan Software Engineering dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan teknis dan konseptual yang penting dalam pengembangan perangkat lunak yang berkualitas. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar dalam rekayasa perangkat lunak, termasuk siklus hidup pengembangan perangkat lunak, metodologi pengembangan, dan paradigma rekayasa perangkat lunak.
  2. Mahasiswa mampu menguasai beberapa bahasa pemrograman yang relevan dalam pengembangan perangkat lunak, seperti Java, Python, C++, atau JavaScript. 
  3. Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proyek pengembangan perangkat lunak, termasuk perencanaan anggaran, penjadwalan, dan pengelolaan sumber daya manusia. 
  4. Mahasiswa mampu memahami tentang teknik pengujian perangkat lunak, termasuk pengujian fungsional, pengujian non-fungsional, dan otomatisasi pengujian, serta kemampuan untuk memastikan kualitas perangkat lunak. 
  5. Mahasiswa mampu mengelola perubahan dalam kode sumber, dokumen, dan konfigurasi perangkat lunak secara efisien. 
  6. Mahasiswa mampu memahami tentang desain dan arsitektur perangkat lunak yang baik, termasuk penggunaan pola desain dan prinsip-prinsip arsitektur.
  7. Mahasiswa mampu bekerja dalam tim pengembangan perangkat lunak, berkolaborasi dengan programmer, analis, desainer, dan pemangku kepentingan lainnya.
  8. Mahasiswa mampu memahami tentang manajemen basis data dan penggunaan sistem basis data dalam aplikasi perangkat lunak. 
  9. Mahasiswa mampu dalam menganalisis masalah kompleks dan merancang solusi perangkat lunak yang efektif.
  10. Mahasiswa mampu dan sadar akan resiko keamanan perangkat lunak dan kemampuan untuk merancang perangkat lunak yang aman. 
  11. Mahasiswa mampu memahami tentang berbagai metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti model air terjun, Agile, atau DevOps. 
  12. Mahasiswa mampu untuk mengelola versi kode sumber dan dokumentasi proyek perangkat lunak. 
  13. Mahasiswa mampu untuk menganalisis dan mengevaluasi solusi perangkat lunak yang diusulkan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif. 
  14. Mahasiswa mampu dan sadar akan perubahan teknologi dan tren dalam pengembangan perangkat lunak dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat.

B. Peminatan Network Engineering

Peminatan Network Engineering dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan teknis dan konseptual yang penting dalam perancangan, implementasi, dan pengelolaan jaringan komputer yang handal dan efisien. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar jaringan komputer, termasuk model OSI, protokol jaringan, topologi jaringan, dan perangkat jaringan.
  2. Mahasiswa mampu untuk mengkonfigurasi, mengelola, dan merawat perangkat jaringan seperti router, switch, firewall, dan server.
  3. Mahasiswa mampu memahami tentang prinsip-prinsip desain jaringan, termasuk pemilihan topologi, kapasitas jaringan, dan skalabilitas. 
  4. Mahasiswa mampu dan sadar tentang risiko keamanan jaringan dan kemampuan untuk menerapkan tindakan keamanan yang efektif, termasuk firewall, VPN, enkripsi, dan deteksi serangan.
  5. Mahasiswa mampu memahami dan mendalami tentang protokol jaringan seperti TCP/IP, routing protocols (seperti OSPF dan BGP), dan protokol aplikasi (seperti HTTP, SMTP, dan DNS).
  6. Mahasiswa mampu merancang dan mengelola jaringan virtual menggunakan teknologi seperti Virtual LAN (VLAN), Virtual Private Network (VPN), dan Software-Defined Networking (SDN). 
  7. Mahasiswa mampu untuk menganalisis masalah jaringan, melakukan debugging, dan mengidentifikasi penyebab masalah dalam jaringan komputer.
  8. Mahasiswa mampu memantau dan mengelola kapasitas dan kinerja jaringan untuk memastikan ketersediaan dan performa yang optimal.
  9. Mahasiswa mampu mengelola konfigurasi perangkat jaringan, melakukan backup dan pemulihan konfigurasi, serta menjaga dokumentasi yang akurat.
  10. Mahasiswa mampu bekerja dalam tim jaringan, berkomunikasi dengan jelas dengan anggota tim, serta berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya.
  11. Mahasiswa mampu dan sadar tentang penggunaan teknologi cloud dalam pengembangan jaringan, termasuk konsep jaringan dalam infrastruktur awan (cloud). 
  12. Mahasiswa mampu memahami tentang kepatuhan hukum dan regulasi yang berlaku dalam pengelolaan jaringan, seperti Perlindungan Data Pribadi (GDPR) dan regulasi sektor tertentu. 
  13. Mahasiswa mampu dan sadar akan perkembangan teknologi jaringan yang cepat dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

C. Peminatan Data Engineering

Peminatan Data Engineering dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan teknis dan konseptual yang penting dalam pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan manajemen data yang besar dan kompleks. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar data, termasuk tipe data, struktur data, dan model data seperti relasional, NoSQL, dan data semi-struktural.
  2. Mahasiswa mampu memproses dan mentransformasi data dari berbagai sumber, termasuk data mentah, menjadi format yang dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut.
  3. Mahasiswa mampu memahami tentang berbagai teknologi penyimpanan data, seperti basis data, sistem penyimpanan berbasis kolom (columnar storage), dan sistem penyimpanan berbasis file
  4. Mahasiswa mampu merancang skema basis data, model entitas-relasi (ER), atau model data lainnya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 
  5. Mahasiswa mampu mengekstraksi data dari berbagai sumber, termasuk basis data, sistem file, aliran data real-time, dan API.
  6. Mahasiswa mampu mengintegrasikan data dari berbagai sumber menjadi satu sumber data tunggal yang koheren.
  7. Mahasiswa mampu mengolah dan membersihkan data mentah (data pembersihan, normalisasi, reduplikasi, dan lain-lain) agar data tersebut dapat diandalkan dan bermanfaat. 
  8. Mahasiswa mampu memahami tentang teknologi pemrosesan data terdistribusi seperti Apache Hadoop dan Apache Spark. 
  9. Mahasiswa mampu menguasai bahasa SQL untuk mengambil, mengubah, dan mengelola data dalam basis data relasional. 
  10. Mahasiswa mampu memahami tentang karakteristik dan tantangan yang terkait dengan data besar (big data), termasuk volume besar, kecepatan tinggi, dan keragaman data.
  11. Mahasiswa mampu dan sadar akan pentingnya manajemen kualitas data untuk memastikan akurasi dan integritas data. 
  12. Mahasiswa mampu memahami tentang keamanan data, termasuk pengenkripsian data, akses kontrol, dan perlindungan data pribadi.
  13. Mahasiswa mampu bekerja dalam tim data engineering, berkomunikasi dengan tim analisis data, dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya.
  14. Mahasiswa mampu mengatasi masalah kompleks yang muncul dalam pengolahan dan manajemen data.
  15. Mahasiswa mampu dan sadar akan perkembangan teknologi data yang cepat dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

D. Peminatan Cyber Security

Peminatan Cyber Security dirancang untuk menghasilkan mahasiswa dengan sejumlah kemampuan teknis dan konseptual yang penting dalam melindungi sistem komputer dan jaringan dari ancaman siber. Dalam penetapan kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan mahasiswa dengan kemampuan, sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar keamanan siber, termasuk jenis-jenis ancaman siber, metode serangan, dan kerentanan.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi ancaman siber yang dapat mengintai sistem dan jaringan.
  3. Mahasiswa mampu memahami tentang prinsip-prinsip manajemen risiko keamanan dan kemampuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko keamanan.
  4. Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan solusi keamanan yang efektif untuk melindungi sistem, jaringan, dan data.
  5. Mahasiswa mampu memahami tentang teknik pengujian keamanan, termasuk penetration testing, vulnerability assessment, dan ethical hacking
  6. Mahasiswa mampu memahami tentang prinsip-prinsip keamanan jaringan, termasuk firewall, VPN, intrusion detection systems (IDS), dan intrusion prevention systems (IPS).
  7. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan keamanan dalam perangkat lunak dan aplikasi.
  8. Mahasiswa mampu memahami tentang teknik enkripsi, manajemen akses, dan perlindungan data untuk melindungi kerahasiaan dan integritas data.
  9. Mahasiswa mampu memantau lalu lintas jaringan dan aktivitas sistem untuk mendeteksi potensi ancaman atau insiden keamanan.
  10. Mahasiswa mampu dan sadar akan peraturan dan regulasi keamanan data dan privasi yang berlaku dalam suatu sektor atau wilayah.
  11. Mahasiswa mampu mengelola proyek keamanan, merencanakan tanggapan terhadap insiden keamanan, dan mengkoordinasikan respons terhadap insiden.
  12. Mahasiswa mampu menganalisis insiden keamanan, mengumpulkan bukti digital, dan mengidentifikasi pelaku serangan.
  13. Mahasiswa mampu mengatasi masalah keamanan yang kompleks dan mengembangkan strategi keamanan yang efektif.
  14. Mahasiswa mampu dan sadar akan etika keamanan siber, termasuk tanggung jawab dalam menggunakan teknik keamanan dan pengujian keamanan.

RoadMap Mata Kuliah